Senin, 12 Maret 2012

PESONA GUNUNG JADI






GUNUNG PERTAMA DI RIAU
TERNYATA DI RANTAU KAMPAR KIRI
 Kelompok LSM River Defender Pekanbaru menemukan sebuah gunung di Riau. Menurut mereka, itu adalah gunung pertama yang di miliki Bumi 'Lancang Kuning' itu.

Gunung tersebut berada di Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar. Juru bicara LSM  River Defender Iwan Setiawan mengatakan gunung tersebut memiliki ketinggian 1091 meter diatas permukaan laut.

“Lokasi tepatnya yakni berada di kawasan Suaka Margasatwa Rimbang Baling,” katanya dalam perbincangan dengan okezone Kamis (29/12/2012)

Menurut dia, temuan tersebut dikatakan gunung karena di sana terdapat segitiga hitam. “Segitiga hitam itu menandakan bahwa gunung itu tidak aktif. Jika segitu merah itu gunungnya aktif,” tegasnya.

Menurutnya jika ingin mencapai lokasi itu, butuh waktu 4 jam perjalanan dengan mengendarai kendaraan darat. “ Saat ini kita bersama mahasiswa Universitas Riau melakukan ekspedisi. Untuk mengetahui apa saja yang terkandung disana,” katanya.

Hingga saat ini belum ada klarifikasi ilmiah dari pihak berwenang mengenai temuan ini.

(abe)
GUNUNG JADI
POTENSI WISATA DI KAMPAR KIRI HULU
Tim Pecinta Alam Ekspedisi 12-12, baru-baru ini, menemukan gunung pertama di Provinsi Riau. Gunung setinggi 1.100 meter di atas permukaan laut itu diakui lembaga ilmiah sebagai satu-satunya gunung di Riau. Masyarakat adat setempat memberi nama gunung di Kampar itu Gunung Jadi.

Gunung Jadi yang ditemukan berada di Desa Sungai Santi, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar.  Untuk mencapai puncak gunung, Tim Ekspedisi 12-12 harus menempuh perjalanan 18 kilometer. Mereka menelusuri 10 bukit dan tujuh anak sungai di kawasan Hutan Suaka Margasatwa Bukit Rimbang Baling.

Anggota Tim yang terdiri dari sembilan aktivis lingkungan dan mahasiswa pecinta alam itu berusaha menembus rimba dengan medan yang berat. Menurut anggota Ekpedisi 12-12, kawasan hutan yang dihuni puluhan harimau, beruang, dan badak itu belum terjamah manusia. Setelah lima hari berjalan kaki, Tim Ekspedisi 12|12 akhirnya sampai di puncak gunung. Mereka langsung mengibarkan bendera Merah Putih di ketinggian 1.100 mdapl.

Gunung Jadi memiliki pesona dan keindahan alam yang luar biasa. Gunung itu memunyai potensi wisata alam yang menarik. Gunung itu mempunyai dua puncak. Di lembah gunung banyak air terjun, sedikitnya ditemukan 7 air terjun dengan ketinggian 3 hingga 30 meter.(DSY)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar