Sabtu, 23 April 2016

HIKAYAT LAHIRNYA SUMPAH SOTIE DI KAMPAR KIRI

HIKAYAT PERJANJIAN ADAT
RANTAU KAMPAR KIRI

A. Latar Belakang Terjadinya Perjanjian Adat.
Lahirnya sumpah setia adat dilatar belakangi oleh keinginan untuk bersatu dari masyarakat adat dikawasan Batang Sibayang Kampar Kiri, dimana masyarakat tempatan itu hidup dan menetap di sepanjang sungai-sungai di Rantau Kampar kiri. Dimana dikalangan masyarakat tersebut masih diikat dengan tali kekeluargaan, tali persemendaan, tali aqidah/agama, serta kepentingan dagang atau ekonomi yang sama.
Semangat kekeluargaan adat ini di sampaikan melalui pepatah : Adat batali pisoko baangkai nan manjelo kabatang antau”. Persaudaraan antara sesama masyarakat adat Rantau Kampar Kiri mengalami goncangan akibat terjadinya konflik dan invasi dari kekuatan luar. Dalam hikayat adat di sebutkan bahwa perjanjian adat ini lahir setelah masyarakat adat kampar kiri tidak memiliki payung kekuasaan atau raja selama 200 tahun, semenjak runtuhnya kerajaan melayu Islam yakni kerajaan Kuntu Darussalam. Kerajaan Kuntu, runtuh akibat serangan dari Kerajaan Singasari pada abad ke 13 masehi dan kerajaan Majapahit Adityawarman abad ke 14 masehi. Dalam kurun abad ke 14 sampai dengan abad ke16 masehi itulah adanya kevakuman kekuasaan di Rantau Kampar Kiri. Kondisi ini juga menimbulkan konflik internal antar masyarakat adat yakni antar negeri-Negeri dan koto – koto serantau kampar kiri, saling kelim dan perebutan ulayat. Dimana kondisi ini hanya bisa dihadapi dengan adanya persatuan dan kekuasaan sebagai penengah konflik masyarakat.
Atas inisitif Datuk Bandaro Khalifah Adat antau sibayang dan Datuk-Datuk 13 Koto Serantau kampar kiri, maka dibuatlah kesepakatan adat untuk mempersatukan kembali semua negeri-negeri sepanjang sungai kampar kiri kedalam suatu kesatuan politik. Tempat bermusyawarah para ninik-mamak andiko serantau kampar kiri untuk kesepakatan itu di lakukan di suatu tempat yang disebut “Muara Subangi” dalam ulayat negeri Domo. Hasil kesepakatan itu di tulis dalam sebuah prasasti batu tulis. Kemudian hasil kesepakatan bersama itu “ Buek abi bakato sudah” atau kesepakatan bersama itu di proklamirkan/I’lan atau diumumkan di suatu pulau yang bernama Pulau Angkako. Pulau Angkako ini terletak di tengah sungai Subayang Hulu dipertemuan sungai Sibayang dan sungai Batang Bio. Batu yang berisi butir-butir klausul perjanjian adat ini di bawah oleh para Ninik-mamak ke Negeri Gunung Sailan kemudian di labuhkan atau dibenamkan kedalam sungai Batang Kampar Kiri yang bernama Lubuk Alai. Yaitu suatu genangan air sungai yang terletak dibawah istana Koto dalam di Negeri Gunung Sailan.

B. Bunyi Perjanjian Adat

SUMPAH SOTIE DI MUAGHO BIO ( PIAGAM PERSAUDARAAN MASYARAKAT ADAT RANTAU KAMPAR KIRI ) SUMPAH SOTIE DI MUAGHO BIO BATU BAKAGHANG DIMUAGHO SUBANGI DIBACOKAN DI PULAU ANGKAKO DICOMPUONG KA LUBUK ALAI INDAK BULIE DIANGKEK DIUNGKIEK LAI BUEK TINGGAE DI DATUK BOSAE AMANAT TINGGAE DI DATUK GODANG GONGGAM POCIK KA OMPEK SUKU PAKAIAN DATUK NAN SALAPAN DI GUNUONG SAILAN UNDANG BASUMPA JONJI CUPAK BAPARBUATAN CUPAK MANO PURBAKALO KALAU AJO NAN MAUBAH DIMAKAN BISO KOGHI KALAU KHALIFAH NAN MAUBAH DIMAKAN SUMPAH MANAH KALAU PENGHULU NAN MAUBAH DIMAKAN PERBUATAN KALAU UGHAGH BANYAK NAN MAUBAH DIMAKAN KUTUK KALAMULLAH SAIBU-SIANG SAIBU MALAM KA’ATE INDAK BAPUCUK KABAWAH INDAK BAUGHEK DITONGA-TONGA DI GHIGHIEK KUMBANG IDUIK ONGGAK MATI TAK OMUE SAUPO UMPUIK DI TONGA JALAN BALADANG TAK BULIE PADI BAANAK SOGHANG MATI JUO ANTAU DITUWIK JO UNDANG NAGHONGI DIHUNI JO PISOKO KAMPUONG DILAMBAK JO LIMBAGO ANTAU SAPARENTA AJO LUAK NAN SAPARENTA UGHANG GODANG NAGHONGI SAPARENTA PENGHULU KAMPUONG NAN SAPARENTA UGHANG TUO UMA NAN SAPARENTA TUNGGANAI NAN BA HAQ NAN DI BOGHI NAN BASOSOK BA JUAMI NAN BATUNGGUE BASILAMPIK NAN BATUWUN BANAIKKAN NAN BAJONJANG NAIOK BA TANGGOTUWUN GODANG IKAN HINGGO SISIAK GODANG KA MANAKAN HINGGO MAMAK KAMANAKAN BAAJO KA MAMAK MAMAK BAAJO KA PENGHULU PENGHULU BAAJO MUFAKAT MUFAKAT BAAJO KA NAN BONAE NAN BONAE, BULEK NAN BULIE DIGOLEKKAN PICAK NAN BULIE DILAYANGKAN NAN INDAK MALOMPEK KALUE POPA NAN INDAK MAHAMBU KALUE SEGAE JALAN BAAMBA NAN KAN DITUWIK BAJU BAGUNTIANG NAN KAN DISAWUONGKAN GODANG INDAK MALINDAN PANJANG INDAK MALILIK LOWE INDAK MANYUNGKUIK GOPUOK INDAK MAMBUANG LOMAK CODIK INDAK MAMBUANG KAWAN INDAK MAMBUEK NAN BOLUN-BOLUN INDAK MAUBAH NAN BIASO ANTAU PANJANG KA ULU NAGHONGI PANJANG KAUSUK LICIN BAK LANTAI KULIK ALUI BA ANTAU SIAK SUMPAH SOTIE DIPASOKSIKAN KA GAJAH SA KUNTO NYO KA IMAU SA CINDAKU NYO KA BUAYO SA ANTAU KA ANTU SA IMBO AYO.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar